Ternyata di setiap lagu terdapat unsur yang bikin seseorang merinding bahkan nangis
Ternyata Ini yang Bikin Kita Nangis Pas Dengerin Lagu Mellow

virgin.com

Para peneliti menemukan fakta kalau bagian-bagian tertentu dari musik secara konsisten bisa menimbulkan efek emosional yang kuat dari pendengaran manusia. Seorang Psikolog asal Inggris bernama John Sloboda mengidentifikasi hal ini lewat percobaan sederhana sekitar 20 tahun. Sloboda meminta para pecinta musik untuk nunjukkin bagian-bagian lagu yang bikin mereka merinding, bahkan nangis.

Ada sekitar 18 lagu yang diidentifikasi sama Dr Sloboda. Hasilnya, diantara 18 lagu mengandung unsur appoggiatura  atau not yang bentrok dengan melodi hingga menimbulkan disonansi.

Sementara itu seorang Psikolog lain lagi bernama Martin Guhn dari University of British Columbia bilang kalau appoggiatura ini bisa menimbulkan rasa tegang di pendengaran seseorang, sebagaimana dikutip dari Beritasatu.

Nah, kalau not-not itu kembali ke jalur melodi fitrahnya, maka ketegangan mulai berkurang dan kembali menimbulkan rasa nyaman, di saat itulah rasa merinding mulai terasa pada pendengar manusia. Kalau bentrokan itu terjadi beberapa kali dan berdampingan, maka akan tercipta siklus tegang dan rileks yang memicu reaksi lebih kuat. Akibatnya air mata mulai mengalir. 

Kalau kamu masih belum yakin, coba deh dengerin lagunya Adele yang "Someone Like You" . Lagu yang rilis di tahun 2011 ini  jadi mars wajib waktu patah hati sampai sekarang. Bukan hanya karena liriknya yang super galau, tapi di lagu ini juga bertabur not-not ornamental sejenis appoggiatura. Selain itu, Adele juga membuat kejutan dalam pola volume, timbre, dan harmoni di lagu yang pernah bertengger sebagai juara di berbagai penghargaan musik bergengsi ini. 

Selain Someone Like You, lagunya Mariah Carey yang Without You, We Can Work It Out  oleh The Beatles, dan Rainbow Connection  oleh Kermit The Frog juga berserakan banyak appoggiatur.  Siap-siap tisu ya kalau dengerin salah satu lagu ini.

Menurutmu?

Percakapan Facebook