Karena belanja kegemaran kita semua
Ternyata Ini Alasan Kenapa Kamu Suka Belanja

Belanja sekarang bukan lagi kegiatan yang cuma disukai para cewek, tapi cowok juga lho. Belanja sudah jadi bagian dari gaya hidup. Bahkan kadang kita susah membedakan; mana yang butuh, mana yang laper mata semata. Lalu, apa sih alasannya kita suka belanja?

1. Millenials like it online

1. Millenials like it online https://insideretail.asia/

Apalagi sekarang zamannya belanja online. Tinggal tap atau klik, barang yang diinginkan sampai di rumah. Melansir Swa, survei yang dilakukan Visa melaporkan, generasi baru pembeli online di Indonesia sekarang berusia lebih muda. Mereka juga lebih bersedia membelanjakan lebih banyak uang di berbagai situs belanja online.

76 persen pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja online dalam 12 bulan terakhir. 48 persen dari pembeli online berusia 18-30 tahun. Mereka juga punya pemasukan rata-rata lebih besar, dan membelanjakan rata-rata 5,5 juta rupiah per tahun, untuk belanja online.

2. Sebenarnya, keinginan berbelanja ada di dalam dirimu

2. Sebenarnya, keinginan berbelanja ada di dalam dirimu https://hips.hearstapps.com

Penelitian profesor psikologi Karen Pine  dari Universitas Hertfordshire Inggris menemukan, 79% perempuan suka berbelanja karena bisa menghibur diri. Perubahan biokimia dalam tubuh perempuan juga mempengaruhi keinginan berbelanja. Dorongan kuat berbelanja, bisa jadi usaha psikologis kita melawan emosi negatif. Selain relaksasi, belanja juga tantangan sendiri untuk perempuan. Seperti orang berburu, kalau di online misalnya, buka beberapa situs, cari barang yang sale dan masih bagus, tentukan mana yang kira-kira cocok, lalu klik! Aktivitas belanja jadi bagian dari memanjakan diri atau semacam obat stress untuk perempuan.

3. Jangan salah, cowok juga suka belanja

3. Jangan salah, cowok juga suka belanja pinterest

Survei yang dilakukan Priceza  menunjukkan, saat ini laki-laki bahkan lebih menyukai belanja online dibandingkan perempuan. Kemudahan dari banyaknya e-commerce membuat pria lebih bisa menghemat waktu. Nggak perlu repot datang ke toko untuk mencari dan memilih produk yang ingin dibeli. Berbeda dengan perempuan yang belanja untuk melepas stres, laki-laki biasanya memang memerlukan barang itu, atau menginginkannya sebagai bagian dari style. Produk yang paling banyak diminati laki-laki adalah gawai (30 persen), pulsa (25 persen), fesyen (20 persen) dan peralatan elektronik lainnya (20 persen). Laki-laki juga suka susah menahan diri tuh untuk belanja, kalau melihat barang yang jadi bagian dari hobinya. Misalnya kamera, untuk kamu yang suka fotografi. Atau action figure limited edition dari tokoh superhero idolamu.

Generasi millennial memang terbiasa dengan kecepatan dan kemudahan. Ini yang membuat kita jadi target besar para e-commerce. Belanja mungkin memang kebutuhan manusia untuk melanjutkan hidup, tapi tetap harus kontrol diri ya. Jangan sampai berlebihan dan jadi gangguan psikologis yaitu shopaholic; dimana keinginan berbelanja sudah nggak terkontrol lagi dan sangat merugikan. Kalau belum bisa beli, masukin wishlist aja dulu dan nabung. Rezeki nggak akan kemana deh, hehehe.

Happy shopping, but keep your savings!

Menurutmu?

Percakapan Facebook