Sekarang donor darah bisa jadi lebih tepat waktu
Suka Lupa Jadwal Donor Darah? Reblood Jawabnya

reblood.com

Apakah kamu termasuk orang yang rutin untuk mendonorkan darah? Atau malah seringkali ingin donor darah tapi lupa terakhir kali donor kapan. Tenang saja, telah hadir Reblood. Reblood sendiri merupakan aplikasi yang membantu masyarakat untuk melakukan donor darah secara rutin. Dengan memberikan reminder secara berkala dan memudahkan pendonor untuk mendonorkan darah di mana saja serta kapan saja melalui daftar event donor yang tiap harinya selalu diupdate. Selain aplikasi yang bisa diunduh di Play Store, Reblood juga tersedia versi website  di www.reblood.com.

“Alasan untuk membuat aplikasi ini karena kebutuhan donor darah di Indonesia tidak pernah terpenuhi. Padahal Indonesia memiliki sekitar 250 juta penduduk, tetapi 5 juta pendonor darah saja tidak ada“, jelas Leonika Sari Njoto, Founder Reblood.

play.google.com/store

Awalnya, aplikasi ini hanya sebagai reminder  saja. Sebab setelah melakukan survey, tim Reblood mendapatkan hasil bahwa kurangnya ketersediaan pasokan kantong darah karena 60% calon pendonor selalu ditolak contohnya seperti kurang tidur. “Lewat Reblood, kami mengingatkan calon pendonor beberapa hari sebelumnya agar mereka siap dan tidak ditolak saat akan donor,” tambah Leo. Hingga sekarag, Leo beserta timnya masih berusaha mengembangkan Reblood sedemikian rupa sehingga fitur yang ada semakin lengkap.

Bahkan baru-baru saja aplikasi Reblood dibuat berbasis game. Pengguna yang rajin donor darah akan diberikan poin untuk kemudian bisa ditukarkan dengan berbagai reward. Seperti reward  berupa tiket konser musik jazz dan tiket nonton film Beauty and the Beast.

play.google.com/store

Untuk sementara, Reblood hanya bisa menjangkau event-event donor darah di area Surabaya dan sekitarnya. Setelah launching  di bulan September 2015, Leo berharap jika Reblood bisa melakukan ‘invasi’ ke kota-kota yang lainnya.

“Sempat saya dihubungi oleh PMI Bandung, mereka ingin agar Reblood juga bisa menjangkau daerahnya. Saya bersyukur, sejak adanya Reblood, banyak orang semakin aware. Saat ini, Surabaya pun menjadi kota dengan pendonor dan jumlah donor paling banyak di Indonesia”, ujarnya. Tidak heran, karena telah terdapat sekitar 12ribu pengguna yang telah terdaftar di Reblood.

Menurutmu?

Percakapan Facebook