Pesona Air Terjun Dolo Kediri
Sejuta Pesona Air Terjun Dolo Kediri

Sudah jelang weekend lagi kawan. Kemana enaknya? Coba saja ke Kabupaten Kediri, menikmati panorama Gunung Wilis. Disanalah ada Air Terjun Dolo, yang begitu mempesona.

Perjalanan saya awali dari Mojoroto Kediri menuju Air Terjun Dolo, di Kecamatan Mojo. Lokasinya cukup jauh. Tiga puluhan kilometer, melintasi kawasan Mojo - Jugo - Besuki. Kira-kira butuh waktu satu jam, ditempuh dengan naik sepeda motor. Tidak ada angkutan umum disini. Bahkan anak sekolahpun harus naik kendaraan bak terbuka yang dimodifikasi, sebagai angkutan antar jemput dari rumah ke sekolah. Perjalanan Rabu (21/3) lalu saya ambil di jam pagi. Bahkan jam 7 pagi saya sudah berada di lokasi.  

Jembatan Jomblo. Yang Jomblo jangan lupa bahagia

Sepanjang jalan kamu akan menemui beberapa spot menarik. Seperti Jembatan Jomblo, Taman Langit, dan tempat berswafoto tematik yang dibuat warga lereng Gunung Wilis. Kondisi jalan beraspal disepanjang perjalanan juga sangat mulus. Bunga pinus berserakan, aroma udara gunung yang khas ditambah kicauan burung liar, menambah kesan istimewa perjalanan saya waktu itu.

Karena terlalu niat, saya sampai ke lokasi kepagian. Bahkan saya tidak menemukan penjaga di pintu gerbang, dan satupun pengunjung. Di area pojok area parkir, hanya ada beberapa motor milik pencari rumput. Bahkan lapak pedagang tutup. Beruntung, kunjungan ke Air Terjun Dolo merupakan ke dua kalinya, sehingga tidak khawatir meski seorang diri.

Dari sinilah kita bisa menyadari, sumber air harus tetap kita jaga

Dari area parkir, akses ke air terjun cukup jauh. Meski hanya turunan dengan kondisi tangga batu dan cor-coran, rasa-rasanya lebih dari 1000 anak tangga yang harus dilalui. Saran, peregangan kaki sebelum turun menuju lokasi sangat dianjurkan. Karena setengah perjalanan di turunan anak tangga, lutut kaki kiri saya kesleo. Sayapun tertatih-tatih demi sampai lokasi.

Rasa lelah terbayarkan begitu sampai di lokasi. Debit air yang dicurahkan air terjun ini tidak terlalu deras, namun memiliki suhu air yang sangat dingin. Tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi atas tiga bagian, mulai dari bagian yang paling tinggi sekitar 90 meter dan dibawahnya sekitar 2-5 meter.

Air yang bening menyegarkan

-Kabut Lembut yang Muncul setiap saat

Buat kamu yang akan berkunjung disini, cukup siapkan pakaian ganti,  kamera,air minum, dan camilan. Jangan lupa pakai sepatu, untuk memudahkan menjangkau ke lokasi air terjun. Pikirkan 2 kali untuk memakai sandal, karena di sepanjanganak tangga, saya menemukan cukup banyak sandal rusak karena terputus. Waktuterbaik adalah pagi atau siang, sehingga kamu tidak perlu khawatir terjebakkabut tebal waktu perjalanan pulang.

Menurutmu?

Percakapan Facebook