Sempat ngalamin tren waktu semua orang berlomba-lomba bikin resolusi tahun baru? Ada berbagai macam hal ingin dicapai di tahun yang baru. Mulai dari lebih rajin berolahraga supaya lebih sehat, sampai menguasai skill tertentu. Seberapa penting dan efektif sih membuat resolusi? Terus, bagaimana menjaga semangat supaya semua goals kamu terpenuhi?
Resolusi Jangan Sampai Basi!

Pada dasarnya, resolusi muncul karena manusia punya harapan

Pada dasarnya, resolusi muncul karena manusia punya harapan https://www.gsb.stanford.edu

Psikolog Ika Chrisnawati, S.Psi menjelaskan, resolusi atau rencana-rencana dengan tujuan yang suka kita buat, lahir dari harapan. Saat harapan di satu waktu belum tercapai, maka waktu yang baru seperti tahun baru juga jadi harapan baru. Harapan lahir karena manusia diciptakan bersosialisasi. Dari sosialisasi itu kita bertemu dengan orang lain yang mungkin kehidupannya lebih baik dari kita. Muncullah harapan juga dalam diri untuk mencapai sesuatu seperti atau lebih dari orang itu.

Agar efektif, buat resolusi yang sesuai karaktermu

Agar efektif, buat resolusi yang sesuai karaktermu https://www.timeshighereducation.com

Kalau kamu tipe orang yang menyukai keteraturan atau terorganisir, membuat resolusi jadi satu diantara jalan ampuh mencapai tujuan-tujuan hidupmu di tahun baru ini. Orang yang menyukai keteraturan, biasanya bisa dilihat dari tipe belajarnya. Kamu yang tipe visual (optimal menyerap informasi yang dibaca atau dilihat) dan auditori (belajar lewat mendengar), cenderung menyukai keteraturan. Kamu suka melakukan sesuatu yang terencana, sesudah itu dievaluasi. 

Begitu juga kamu yang punya sifat perfeksionis atau melankolis, membuat resolusi akan semakin efektif. Sementara orang-orang yang kinestetik atau belajar lewat gerakan, cenderung go with the flow dan kurang membutuhkan resolusi.

Tentukan target sesuai kemampuan

Tentukan target sesuai kemampuan https://images.pexels.com

Sesudah menentukan apa saja yang ingin kamu capai, tentukan juga target atau jangka waktu resolusimu harus terwujud. Menentukan target itu penting dan bisa menjadi motivasi hidup. Supaya kamu semangat melakukannya, target nggak boleh terlalu jauh atau muluk-muluk. Harus dalam jangka pendek dan sesuai kemampuan. Contohnya kalau sedang kuliah, jangan keburu menentukan resolusi ingin jadi direktur perusahaan milik sendiri dalam waktu 5 tahun lagi. Impian jangka panjang boleh, tapi baiknya tentukan dulu rencana-rencana jangka pendek untuk mewujudkan impian jangka panjang.

 Misalnya, tentukan saja target semester ini harus meningkatkan IPK dari 2,8 ke angka 3. Buat juga langkah-langkah apa yang bisa kamu lakukan untuk mencapai IPK itu. Jangan lupa masukkan juga alasan kamu ingin mencapainya; misal karena ingin membahagiakan orang tua yang sudah membiayai pendidikanmu selama ini. Rencana dan target jangka pendek, step-step rinci dan jelas, juga motivasi mencapainya, bisa membuat resolusimu di 2018 ini nggak basi.

Nggak salah kok memanfaatkan momen tahun baru, bulan baru, awal pekan yang baru, bahkan hari yang baru untuk meningkatkan kualitas diri kita. Pertahankan terus semangat kamu ya! Supaya semua rencana sukses terlaksana.

Menurutmu?

Percakapan Facebook