Home Sweet Home, Pameran Fotografi Fotrografer Surabaya
Pameran Fotografi Home Sweet Home, Karya Mendunia yang Indah

Ni wen wo ai ni you du shen, Wo ai ni you ji fen.

Begitulah lirik lagu mandarin “Wo Ai Ni” terdengar mengalun di Main Atrium Ciputra World Surabaya. Musik ini mengiringi gelaran pameran fotografi, yang digelar Anton Gautama, MBA, APSS Fotografer Surabaya.  Mengusung tema “Home Sweet Home”, pameran digelar Hari Selasa sampai Minggu, 6-11 Maret 2018.

Anton menghadirkan 20 foto dari 64 foto dukumenter yang termuat dalam buku fotografinya keduanya, berjudul “Home Sweet Home”.  Sesuai namanya, karya Anton menonjolkan dokumentasi foto interior dan eksterior rumah di Kota Surabaya dan Kota Makassar. Kota Makassar dipilih karena menjadi kota kelahirannya. Semuanya diambil dari rumah dan bangunan milik orang keturunan Tionghoa. Anton membidik objek bangunan dari teras rumah, ruang kerja, bahkan kamar yang diabadikan tanpa settingan. 

Pria yang mengenal dunia foto di tahun 2015 ini hunting ke sejumlah rumah selama setahun, ditahun 2016-2017. Kalau ada yang menarik, Anton lalu meminta izin si empunya untuk memfoto. Beragam tanggapan muncul. Selain menerima kehadirannya, Anton juga sering kali ditolak. Anton mengaku merasa bersyukur bisa mengeksplore ruang dan seiisinya. Bahkan sampai ruang pribadi sekalipun. Meski tidak memperlihatkan manusia di fotonya, karya Anton tetap “hidup”.  Anton mengeksekusi setiap dokumentasi dengan mengandalkan tripod, dan mengandalkan cahaya alami. Ia berhasil menghadirkan kesan dramatis, rustic dan kuno di setiap fotonya.

Karya “Home Sweet Home” pernah mendapatkan penghargaan internasional, seperti juara pertama kategori arsitektur di lomba PhotoPlus Perspective – PDN tahun 2017. Prestasi ini hanya sebagian saja dari belasan penghargaan lain yang dicapai ditahun 2016-2018. Karyanya juga pernah dipamerkan di Tokyo Jepang dan New York Amerika Serikat. Tahun ini karyanya juga mendapatkan kesempatan dipamerkan di Brazil, Beijing China, dan Cologne Jerman.

Lewat pameran fotografi, Anton ingin mengedukasi masyarakat dengan bercerita lewat foto. Karena dari foto, nantinya akan menjadi legacy untuk warga Surabaya. Dalam acara ini, juga diisi berbagai kegiatan. Talkshow Macro Photography bersama Monica Anantyowati, Kamis (8/3), Talkshow Street Photography bersama Chris Tuarissa, Jum’at (9/3), Launching Buku Home Sweet Home bersama Anton Gautama, Sabtu (10/3), dan Talkshow Membuat Buku Fotografi bersama Wahyu Dian, Minggu (11/3).

Menurutmu?

Percakapan Facebook