Ternyata musik yang kamu dengarkan bisa berpengaruh ke mental dan fisikmu lho!
Ini Alasannya Kenapa Musik Berpengaruh Dalam Hidup Kita

Tiap denger lagu EDM, bawaannya pengen goyang. Tiap denger lagu ballad yang mellow, jadi sedih, terus teringat kenangan masa lalu. Tenang, nggak selamanya itu karena kamu terlalu baperan.

Mungkin Bukan Kamu yang Baperan, Tapi Memang Musik Punya Pengaruh ke Dirimu

Johanna Natalia, S.Psi, M.Mus Psikolog Musik Universitas Surabaya (Ubaya) menjelaskan, manusia terdiri dari aspek kognisi (pikiran), emosi (perasaan) dan perilaku. Musik yang kita dengar, ternyata bisa memengaruhi semua aspek itu. Contohnya saat sedang reuni sekolah, memutar lagu-lagu yang hits di zaman itu. Lagu yang diputar membuat pikiran kita melakukan asosiasi, ingatan atau suasana seperti apa yang waktu itu kita alami, saat lagu yang sama pernah kita dengar beberapa tahun yang lalu.

Musik juga bahasa universal. Meski didengarkan orang yang berbeda, biasanya tetap bisa merasakan hal yang sama sesuai alunan musik itu. Musik yang mellow bikin sedih atau musik yang nge-beat bikin semangat dan ceria. Sementara pengaruh musik pada perilaku, ini yang bikin kita pengen mengangguk-anggukkan kepala mengikuti iramanya.

Bahkan berdasarkan sejumlah penelitian, musik juga memengaruhi pertumbuhan tanaman dan produksi susu pada sapi lho!

Kenapa Musik Bisa Begitu Berpengaruh?

 Kenapa Musik Bisa Begitu Berpengaruh? http://www.shutterstock.com

Ternyata ada unsur-unsur musik yang juga ada dalam diri manusia. Kata Johanna, scerara sederhana, musik punya melodi, ekspresi emosi, irama, harmoni dan unsur-unsur lainnya. Misalnya irama, alam juga punya iramanya lho. Pagi berganti siang, siang ke sore, sore ke malam, pergantian musim, dan seterusnya. Manusia sebagai bagian dari alam juga mengikuti irama ini. Manusia juga punya irama detak jantung dan pergerakan cairan dalam tubuh. Contoh lainnya, intonasi bicara pada manusia juga mirip melodi pada musik.

Musik Mempengaruhi Pikiran, Pikiran Mempengaruhi Hidup

Musik Mempengaruhi Pikiran, Pikiran Mempengaruhi Hidup http://www.shutterstock.com

Pikiran atau kata-kata bisa mempengaruhi hidup kita. Johanna menjelaskan, kita bisa berusaha untuk selalu bersyukur dan memandang hidup lewat perspektif positif. Dari situ, bisa menarik hal-hal positif lainnya. Ketika pikiran kita positif, sel-sel dalam tubuh kita juga ikut senang dan menyehatkan badan kita. Mendengarkan lagu yang positif memang bisa membuat kita menjalani hari dengan positif dan semangat. Tapi namanya juga hidup, kadang-kadang pasti ada hal yang nyebelin. Jadi kalau memang lagi sedih atau kesal, it’s ok, lepaskan dulu aja dengan mendengarkan musik atau menyanyikan lagu-lagu yang sesuai. Habis itu jangan lupa move on dengan musik yang lebih positif.

Musik yang Pas dengan Suasana, Bikin Hidupmu Seperti ada Soundtracknya

Musik yang Pas dengan Suasana, Bikin Hidupmu Seperti ada Soundtracknya http://www.shutterstock.com

Bagaimana memilih musik yang tepat? Menurut Johanna, semua tergantung pilihan orang. Sesuai yang disukai dan kebutuhannya. Misalnya kalau sedang menyetir perjalanan jauh di tol, disarankan memutar musik yang iramanya cepat dan bisa membuat kamu bernyanyi. Ini supaya pikiran dan badan kita lebih aktif, mengurangi risiko mengantuk atau melamun di jalan.

Terus kalau misalnya ingin merilekskan badan, bisa memutar musik yang punya 60 ketukan per menit, sesuai detak jantung orang normal. Saat detak jantung seirama dengan ketukan musik, kita bisa merasa rileks.

Musik sebenarnya hanya bagian kecil dari banyak variabel hidup seseorang. Tapi memang punya kemampuan untuk mempengaruhi suasana hati. Entah bikin tambah sedih, atau tambah semangat. Musik juga bisa dipakai untuk terapi, tapi ini nggak bisa sembarangan ya, perlu penanganan profesional.

Menurutmu?

Percakapan Facebook