Tarik maaaang!
Ini Alasannya Kenapa Badan Ikut Goyang Saat Denger Musik

Pernah gak sih pas kamu jalan-jalan ke mall, lalu salah satu gerainya memutar musik yang kamu khatam banget lirik sampai nadanya, terus secara refleks kepalamu ikut bergoyang?

Atau ketika tetangga sebelah lagi bikin acara hajatan, lantunan musik dari sound sistem yang bertumpuk-tumpuk itu bikin kamu mendadak jadi jogeder  walaupun cuma jempolnya doang.

Kira-kira gini deh, waktu musiknya main, pelan-pelan kaki kita goyang. Minimal di hentak-hentakkin. Menjalar ke atas, tangan mulai menabuh apa saja yang ada di sekitar. Biasanya meja kerja jadi korbannya. Masuk ke bagian yang lebih atas lagi, kepala. Kalau kepala mulai ikutan goyah, siap-siap deh cari orkes melayu terdekat.

Nggak percaya?  Nih saya kasih contoh lagunya

Nah ternyata hal ini menarik perhatian sejumlah ilmuwan untuk diteliti. Dilansir dari CNN, Profesor Rolf Inge Godoy dan koleganya di University of Oslo menerbitkan penelitiannya di Journal of New Music Research. Penelitian ini menjelaskan teori di balik hubungan antara suara musik dan gerakan tubuh.

Menurut Profesor Godoy, suara dan hentakan musik meninggalkan jejak dalam pikiran. Pengalaman hentakan tersebut, bisa dianggap semacam representasi bentuk. Gambaran musik yang terbentuk tersebut, berusaha di reka ulang lewat gerakan tubuh. Jadi tubuh berusaha menirukan bunyi tersebut.

Masih gak percaya, nih saya kasih bonus!

Jadi, tahun baruan ini kamu joget dimana?

Menurutmu?

Percakapan Facebook