5 siswa SMK Negeri 1 Surabaya berangkat menuju Thailand, mengikuti pertukaran pelajar sekaligus kompetisi di Raman Industrial And Community Education College, Thailand.
Berangkat ke Thailand, Siswa SMKN 1 Surabaya Belajar dan Berkompetisi

Tambah wawasan dan pengalaman, 5 siswa SMK Negeri 1 Surabaya, berangkat menuju Thailand, mengikuti pertukaran pelajar sekaligus kompetisi di Raman Industrial And Community Education College, Thailand.

Selama dua minggu tepatnya pada tanggal 28 Januari sampai dengan 8 Februari 2019, para siswa berada di Thailand, sekaligus mengikuti kompetisi antar perwakilan pelajar sejumlah sekolah di wilayah Asean.

Kompetisi yang diikuti siswa SMKN 1 diantaranya Web Graphic Design yang diikuti oleh M. Rizky Hidayat kelas XII MM 2 dan Halid Misfal K kelas XII RPL 1, dan keduanya berhasil menduduki peringkat 10 pada kompetisi tersebut.

Siswi bernama Rahellia Silvinana kelas XII AK 6 merebut juara 3 kompetisi Western Song serta Alif Iman Billah FM kelas XII RPL 1 berhasil meraih Runner Up. Untuk peserta pertukaran pelajar atau student exchange diikuti Michael Ferdinand kelas X TKJ 1.

Kelas-kelas di Raman Industrial And Community Education College, Thailand dipisah sesuai jurusannya masing-masing. Misalnya kelas Acounting dengan Acounting dan jurusan IT dengan IT.

Pada kelas-kelas tersebut rombongan SMKN 1 Surabaya menampilkan sesi pembelajaran, pengenalan kebudayaan Indonesia kepada pelajar-pelajar di Thailand. Proses pembelajaran di kedua negara, Indonesia dan Thailand ternyata tidak jauh berbeda.

"Ketika presentasi seharusnya menggunakan bahasa Inggris. Tapi karena kurang persiapan, presentasi akhirnya campur dengan bahasa Melayu. Beruntungnya presentasi tetap saja lancar, karena penguasaaan Bahasa Inggris siswa di Thailand juga kurang bagus," terang Rahellia Silvinana satu diantara siswa SMKN 1 yang berangkat ke Thailand.

Namun demikian, Rahellia berharap jika kedepan nanti akan mengikuti kompetisi dalam konteks pertukaran pelajar seperti saat kunjungan ke Thailand, sebaiknya dipersiapkan dengan matang.

"Latihan harus lebih intensif, persiapan juga dimatangkan. Meskipun tidak ada kendala berarti saat tampil, kami merasa persiapan lebih matang dan memang harus dilakukan, agar hasilnya lebih maksimal," pungkas Rahellia. (Fanny Wildan/SMKN 1 Surabaya/SS Muda/rst/dna)

Menurutmu?

Percakapan Facebook